Lawan Narasi Sosmed Yang Merusak Citra Islam

Ketua MUI kaltim KH Muhammad Rasyid

 Muikaltim.or id- Di Indonesia ada ribuan pesantren tersebar, termasuk yang berada di kaltim, sejauh ini melakukan karya baik, membina umat, melakukan pengajaran dan mengedukasi santrinya sehingga menjadi orang-orang berakhlak.

“Tetapi, seolah gara-gara sosial media (sosmed) bisa dicitrakan kurang baik.  Itu terjadi, karena belakangan ini ada kejadian yang menimpa santri kaitan pencabulan sehingga yang kasihan pesantren dan santrinya. Sehingga, tudingan masyarakat diarahkan pada pesantrennya,” Kata Ketua MUI Kaltim Kh Muhammad Rasyid saat bincang bincang dengan media diruang kerjanya Kantor MUI Prov, Jalan Harmonika belum l;ama ini.

Lanjut Imam Besar  Islamic Center  Samarinda  ini, dulu media mainstream (konvensional) tidak secepat sekarang Karena ulah  sosial media (sosmed), kejadian langsung dipersepsikan semua jadi kurang baik. Padahal, kejadian itu di Jabar, Kukar, Samarinda dan Balikpapan. Ya ada 10-an pesantren, di Indonesia ada 3.000 lebih pesantren yang baik-baik saja. Ini yang harus dilakukan counter dalam persepsi media oleh MUI.

“Menurut saya, berita yang beredar di sosial media mengakibatkan pesantren terkena imbasnya. Padahal, itu dilakukan oleh oknum. Dan, santri serta ribuan pesantren lainnya baik-baik saja. Makanya kita harus lawan sosmed yang citranya merusak Islam. Itu tugas para wartawan, kominfo MUI baik yang ada di Provinsi atau kabupaten Kota,”ujarnya.

Kata  mantan Ketua Baznas Kaltim ini , era digitalisasi susah dibendung. Proses penyimpulan suatu peristiwa dicermati dalam dua kutub yakni konteks dan teks.  Melihatnya pada teks dengan konteks yang tidak utuh tanpa data lengkap dan tidak tabayun. Sehingga, memunculkan persepsi irasional

“Saya  pernah menghadiri suatu acara warga binaan di rutan menyatakan diri pernah digembleng, didoktrin dengan konsep cuci otak (brain washing) kaitan terorisme. Lalu orang itu berikrar kembali ke NKRI. Jadi sejauh ini bukan warga Indonesia, padahal warga Selili Samarinda.”.Katanya

“Ada contoh lain lagi,   warga binaan yang membaiat dirinya untuk keluar dari ISIS, yang juga terkena doktrin., pikiran mereka itu didoktrin lewat sosmed. Jadi harus dilawan dengan berita positif (good news is good news), Saya  pernah mendapat keterangan dari sahabatnya yang bekerja di Kemenkum HAM bercerita bahwa ada yang mengucapkan Alhamdulillah dan telah meloloskan orang yang tertembak mati di Poso masuk surga. Padahal ia ditembak karena teroris. Bayangkan, doktrinnya berbahaya. Itu semua dilakukan lewat sosmed,”kisah KH Muhammad Rasyid

Oleh karena itu  Ia  minta  umat Islam  harus meletakkan dasar-dasar melihat peristiwa dengan berdasarkan paham  ajaran Islam yang disebut wasathiyah atau mengarahkan umatnya  agar seimbang dalam semua dimensi kehidupan.
Lanjutnya , untuk mengurangi kekerasan dan pertikaian di Media Sosial Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang pedoman bermuamalah di media sosial. Fatwa tersebut memuat hukum serta aturan bermedsos bagi umat muslim.  Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan adalah berghibah, menyebar fitnah, adu domba, bullying, Ujaran kebencian , dan permusuhan.  Umat muslim juga dilarang menyebarkan pornografi serta mempublikasikan konten pribadi.

“ Dengan keluarnya fatma bermedsos dari MUI ini,  mengajak kepada umat muslim untuk mewujudkan perilaku bermedia sosial yang mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran,” ajak KH Muhammad Rasyid (Roghib)